Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00


Sudin Dukcapil Jaksel distribusikan 427 KTP-el dalam sehari usai libur

Written by on 03/11/2020

Angka pendistribusian KTP-el di kita itu fluktuatif, tetapi memang lebih banyak setelah libur

Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Jakarta Selatan telah mendistribusikan 427 KTP elektronik kepada warga di 65 kelurahan dan 10 kecamatan se-Jakarta Selatan per  dalam satu hari usai libur panjang.

Kepala Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan Abdul Haris, Selasa, mengatakan angka pendistribusian tersebut cukup signifikan bila dibandingkan hari-hari normal.

Baca juga: Sudin Dukcapil Jaksel tetap membuka layanan administrasi kependudukan

“Angka pendistribusian KTP-el di kita itu fluktuatif, tetapi memang lebih banyak setelah libur,” kata Haris.

Hari menjelaskan, 427 KTP-el tersebut didistribusikan pada hari libur Sabtu (31/10) lalu, saat Dukcapil Kota Jakarta Selatan secara khusus membuka loket pelayanan administrasi kependudukan selama libur panjang.

Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan selain memberikan layanan pencetakan KTP-el juga membuka  layanan administrasi kependudukan (Adminduk) lainnya, seperti pencetakan KIA (kartu identitas anak) sekolah, akte kematian, akte kelahiran, daftar akta perceraian termasuk pendistribusiannya.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Utara sita KTP pelanggar PSBB

“Kami juga membuka layanan konsultasi lainnya, baik di kantor Dukcapil tingkat kota, maupun tingkat kecamatan dan kelurahan,” kata Haris.

Secara keseluruhan jumlah layanan administrasi kependudukan yang dilayani se-Jakarta Selatan pada hari libur tersebut sebanyak 4.107.

Jumlah tersebut terdiri atas, pencetakan KTP-el sebanyak 658, KIA sekolah sebanyak 1.925, KK sebanyak 326, akta kelahiran 113, akta kematian 39.

Selanjutnya pendistribusian, KTP-el sebanyak 427, KIA sekolah sebanyak 175, akta kelahiran sebanyak 51, akta kematian sebanyak 19, akta perkawinan sebanyak empat dan perceraian sebanyak tiga. Untuk layanan konsultasi sebanyak 148.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan membuka layanan administrasi kepedudukan saat libur panjang cuti bersama pada Sabtu (31/10).

Baca juga: Jakarta Selatan hadirkan layanan adminduk di kegiatan PSN

Layanan tersebut dibuka selama empat jam dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB, di 10 kantor kecamatan, 65 kelurahan, dan di kantor Sudin Dukcapil Jakarta Selatan.

Kegiatan ini melibatkan 187 petugas, layanan dilakukan secara tatap muka. Tujuannya dalam rangka memperluas cakupan administrasi kepedudukan di wilayah Jakarta Selatan sesuai arahan Dirjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

Menurut Haris, cakupan administrasi kependudukan Kota Jakarta Selatan khusus untuk perekaman KTP-el telah mencapai angka 99,80 persen atau sebanyak 1.738.000 warga.

Dari 1.738.000 wajib KTP yang sudah direkam, telah diterbitkan dan didistribusikan sebesar 100 persen.

“Sisa 0,2 persen lagi atau sekitar 3.700 lagi yang wajib KTP-el yang perlu perekaman dan cetak,” katanya.

Haris mengatakan selama pandemi COVID-19 pihaknya mengandalkan layanan daring dan dropbox untuk mencegah penularan.

Layanan tatap muka tetap dilakukan khusus untuk perekaman KTP-el, namun belum semua warga yang datang ke Sudin Dukcapil.

Sehingga dilakukan sistem jemput bola, khususnya untuk para lansia, agar bisa dilakukan perekaman bagi yang sudah mendapatkan NIK.

“Jadi kita lakukan jemput bola, seperti kita lakukan perekaman di Pati Sosial Tresna Werdha, ada 64 warga panti yang kita lakukan perekaman,” kata Haris.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/1818184/sudin-dukcapil-jaksel-distribusikan-427-ktp-el-dalam-sehari-usai-libur


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *