Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Asal Goblek

20:00 23:00

Nyang Lagi Tayang

Asal Goblek

20:00 23:00


Rossa belajar cara kerja musisi Korea Selatan

Written by on 18/12/2020

Jakarta (ANTARA) – Penyanyi Rossa mengatakan bahwa dirinya banyak mendapatkan pelajaran dari musisi Korea Selatan dalam hal etos kerja di bidang musik.

Rossa belakangan ini memang akrab dengan Negeri Gingseng karena keterlibatannya dalam sejumlah proyek musik, seperti merilis lagu “Hati Yang Kau Sakiti” versi Korea, hingga kolaborasi video musik dan lagu dengan SM Entertainment.

“Jujur ya menurut aku, kalau aku belajar dari mereka yang paling hebat adalah cara kerja yang berbeda dengan kita. Cara kerja, disiplinnya itu luar biasa,” kata Rossa dalam jumpa pers virtual “Catatan Musik Rossa di 2020”, Kamis.

Baca juga: Cerita Rossa nyanyikan ulang “Hati Yang Kau Sakiti” versi Korea

Menurut Rossa, industri musik Korea Selatan bisa berkembang pesat seperti sekarang juga karena adanya sinergi antar banyak pihak seperti musisi, label musik, hingga pemerintah yang mendukung penuh kemajuan industri musiknya.

“Kenapa mereka bisa kuat sekali karena artisnya semua disiplin, terus labelnya juga disiplin, pemerintahnya juga amat sangat mendukung bagaimana mereka untuk memasarkan diri di luar Korea,” ujar Rossa.

Hal lain yang bisa dipelajari dari industri musik di Korea, menurut Rossa, masyarakat di sana sangat menghargai karya dalam negerinya sendiri.

“Yang paling hebat itu mereka amat sangat menghargai musik sendiri. Korea merajai industri musiknya sendiri. Di Korea itu kayak misalnya daging asal Korea itu lebih mahal dari import. Itu berarti mereka amat sangat menghargai apa yang mereka miliki. Itu yang bisa kita pelajari,” jelasnya.

Meski demikian, Rossa pun juga meyakini bahwa potensi musisi Indonesia tak kalah jika dibandingkan musisi negara lain. Sebab menurut dia musisi Indonesia memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri melalui karya musiknya.

Hal itulah yang menurutnya bisa dimanfaatkan, di samping juga perlu adanya dukungan dari banyak pihak untuk memajukan industri musik Indonesia.

“Cuma kelebihan di kita, di Indonesia itu adalah musisi boleh berekspresi sebebas mungkin. Itu hal yang amat disyukuri juga buat kita. Jadi mungkin banyak berbeda tapi satu sama lain bisa saling belajar. Adaptasi yang bagus gimana dan bisa diaplikasikan itu sih,” imbuhnya.

Baca juga: Rossa: Tahun ini saat tepat bilang “good job” untuk diri sendiri

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1900844/rossa-belajar-cara-kerja-musisi-korea-selatan


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *