Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Bolly Mania

20:00 23:00

Nyang Lagi Tayang

Bolly Mania

20:00 23:00


Didiet Maulana ceritakan serba-serbi kebaya lewat “Kisah Kebaya”

Written by on 18/01/2021

Jakarta (ANTARA) – Desainer busana Didiet Maulana menceritakan ragam dan serba-serbi kebaya serta busana dan kain tradisional Nusantara lewat buku “Kisah Kebaya”, yang baru ia umumkan di tanggal ulang tahunnya, 18 Januari.

Didiet, melalui konferensi pers virtual pada Senin, mengungkapkan dirinya menghabiskan waktu selama enam tahun lamanya untuk melakukan riset soal sejarah dan serba-serbi kebaya Indonesia.

Baca juga: Warna stabilo diprediksi jadi tren warna fesyen di 2021

“Risetnya memakan waktu enam tahun, dan diharapkan semoga buku ini bisa menambah khazanah literasi lebih dalam tentang kebaya dan busana Indonesia,” kata Didiet.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian; mulai dari “Kebaya Berbudaya” yang membahas soal budaya yang mempengaruhinya, ekspresi, filosofi, hingga langgam kebaya.

Lalu, bagian selanjutnya adalah “Kebaya Bergerak dalam Era” yang memuat pakem, hingga cara dan kiat untuk menciptakan kebaya dari inspirasi pola, cara pemotongan, penjahitan, dan ilustrasinya.

Selanjutnya ada “Eksplorasi Kebaya Didiet” yang memuat inspirasi, kembara budaya, modifikasi dan padu-padan, hingga aksesorisnya. Terdapat pula lampiran bahan-bahan yang cocok untuk kebaya.

Lebih lanjut, adalah “Kisah Kebaya Svarna by IKAT Indonesia”, “Jenis Kebaya” dan “Jenis Baju dan Kain Indonesia Lainnya” seperti Baju Kurung hingga kain songket.

“Kebaya adalah identitas. Tak hanya visualnya yang menarik, tapi ia lebih dari itu. Harapannya, buku ini bisa juga menjadi pegangan bagi yang mau membuat kebaya, terutama penjahit rumahan. Saya ingin kebaya bukan menjadi produk eksklusif dari rumah mode saja,” kata Didiet.

Buku “Kisah Kebaya” kini telah tersedia dalam bentuk prapemesanan atau preorder mulai 18-31 Januari melalui situs resmi Gramedia. Melalui prapemesanan ini, pembeli bisa mendapatkan edisi tanda tangan dan diskon 10 persen.

Harga untuk bukunya sendiri adalah Rp241 ribuan untuk prapemesanan, sedangkan harga normalnya Rp268 ribu. Pengiriman buku dilakukan oleh pihak penerbit mulai 22 Februari 2021.

Baca juga: Didiet Maulana luncurkan platform berbagi kisah dan pengalaman

Baca juga: Bergaya dengan wastra Nusantara lewat kolaborasi perancang dan UMKM

Baca juga: Kebahagiaan inspirasi koleksi terbaru Didiet Maulana

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1953152/didiet-maulana-ceritakan-serba-serbi-kebaya-lewat-kisah-kebaya


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *