Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00


Cara membuat rumah bagai lokasi liburan 2021

Written by on 04/01/2021

Jakarta (ANTARA) – Liburan yang biasanya mewarnai awal tahun kali ini tidak disarankan karena pandemi COVID-19 masih membayangi kehidupan sehari-hari. Tapi setidaknya tidak ada jet lag dan Anda bisa menyisihkan uang yang tadinya dipakai untuk jatah liburan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengubah suasana di rumah jadi seperti staycation.

Baca juga: Pernah ingat mantan saat mencium aroma tertentu? Begini penjelasannya

Siapkan tempat

Satu risiko besar dari staycation di rumah adalah menjadi “korban” beberes ini dan itu, jadi coba anggap rumah Anda sebagai penginapan dan bersantailah sedikit meski ada keinginan untuk merapikan benda-benda yang berantakan.

Coach wellness Melbourne Lyndall Mitchell, dikutip dari SMH pada Senin mengatakan mungkin ada baiknya mempertimbangkan beberapa hari “persiapan liburan” pada minggu-minggu menjelang atau beberapa hari pertama liburan Anda untuk mempersiapkan diri seperti laiknya akan berlibur.

Entah itu merapikan barang, membersihkan kulkas, membersihkan halaman, kerjakan tugas yang biasanya Anda lakukan sebelum liburan. Silakan rapikan rumah bila kita belum mempersiapkan “tempat liburan” di rumah, kata dia.

“Kapanpun saya liburan, sebelumnya saya sudah bersihkan kulkas, kosongkan tempat sampah, dan semua sudah rapi.”

Lakukan hal biasa Anda lakukan sebelum pergi, agar tercipta suasana bahwa Anda mempersiapkan diri untuk berlibur.

Anda bahkan dapat mencoba menata ulang furnitur untuk membuat rumah terasa seperti resort. Coba letakkan kursi berlengan yang empuk di dekat jendela, buat pojok untuk yoga, tambah tanaman hias baru di dalam rumah dan lilin aromaterapi.

Baca juga: Aroma terapi belum terbukti tingkatkan kualitas tidur

Berpikir seperti turis

Banyak dari kita yang pergi jauh-jauh, tapi jarang menyambangi keindahan di dekat rumah. Coba cari tempat menarik di dekat rumah, entah itu taman, gunung atau pantai. Manfaatkan momen ini untuk mencari tempat indah yang selama ini tak terlihat di sekitar Anda.

Cari makanan yang berbeda

Mungkin Anda belum bisa makan pasta di Italia atau sushi di Tokyo, tapi Anda bisa menikmati itu di rumah. Coba putar musik ikonik dari tujuan liburan yang sesuai dengan keinginan Anda, tonton pemandangan indah dari tempat yang ingin dituju di layar televisi Anda, kemudian santap makanan lezat yang sudah Anda disiapkan.

Anda bisa memesannya dari berbagai restoran, atau justru memanfaatkan momen ini untuk belajar membuatnya sendiri di dapur masing-masing.

Baca juga: Peneliti konfirmasi aroma lavender bisa atasi kecemasan

Manjakan indra Anda

Perjalanan yang tak terlupakan biasanya akan menggelitik semua indra Anda, jadi pertimbangkan untuk memasukkan aroma, rasa, pemandangan hingga suara ke dalam staycation Anda.

Cobalah membuat pengalaman sensorik baru, misalnya menciptakan resep minuman khas dari tujuan liburan impian.

Atau, bila Anda biasanya mampir ke tempat spa setiap liburan, coba manjakan diri sendiri tanpa harus pergi ke luar rumah. Pakai jubah mandi, nyalakan lilin aromaterapi baru, pasang musik yang menenangkan, pakai masker wajah dan teteskan sedikit minyak esensial ke lantai kamar mandi agar Anda bisa menghirup aromanya.

Bangun ritual santai

Jalani liburan di rumah sama seperti liburan di luar rumah. Anda bisa bangun lebih siang, sarapan lebih siang, membaca buku sampai sore atau jalan-jalan petang di dekat rumah.

Baca juga: Sekadar mencium aroma lemon tubuh bisa lebih langsing

Baca juga: Aroma parfum stimulasi perasaan positif

Baca juga: Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1926524/cara-membuat-rumah-bagai-lokasi-liburan-2021


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *