Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

16:00 20:00

Nyang Lagi Tayang

16:00 20:00


BMKG Bogor perkirakan puncak musim hujan terjadi Januari-Februari

Written by on 06/01/2021

lantaran adanya pergerakan Monsun Asia, atau angin yang bergerak dari arah barat membawa massa udara yang lebih banyak

Cisarua, Bogor (ANTARA) – Badan Meteorologi, Kli­matologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memprediksi puncak musim hujan terjadi di bulan Januari-Februari 2021.

“Indonesia khususnya akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini. Makannya kami memprediksi puncak musim penghujan bakal terjadi pada Januari hingga Februari ini,” ungkap Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas III Citeko, Kabupaten Bogor, Ronald C Wattimena di Bogor, Rabu.

Baca juga: Pohon tumbang di Kota Bogor, empat warga alami luka-luka

Menurutnya, terjadinya puncak musim hujan pada Januari hingga Februari ini lantaran adanya pergerakan Monsun Asia, atau angin yang bergerak dari arah barat membawa massa udara yang lebih banyak.

Ia menjelaskan, Monsun Asia biasanya bertiup dalam kurun waktu Oktober hingga April. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan Benua Australia musim panas, sehingga bertekanan rendah, sedangkan Benua Asia lebih dingin, sehingga tekanannya tinggi.

Baca juga: Wali Kota Bogor bersama OPD terkait susuri Sungai Ciliwung

Ronald menyebutkan, potensi bencana hidrometeorologi bisa saja terjadi pada puncak musim penghujan ini. Terlebih pada tahun ini, masih terjadi fenomena cuaca La Nina, yang dapat memicu meningkatnya curah hujan di sekitar wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Bogor.

Baca juga: Dosen IPB: Hujan es di Ciamis Bogor berbeda dari hujan salju

Berdasarkan hasil pantauan BMKB, anomali iklim La Nina masih terpantau berlangsung di samudera pasifik dgn intensitas level moderat, dan kemungkinan akan melemah pada Mei 2021.

“Saat ini kita sedang memasuki anomali iklim La Nina, dan kemungkinan bakal melemah pada Mei 2021 ini. Makannya kami imbau masyarakat agar senantiasa waspada, terhadap bencana hidrometeorologi,” terang Roland.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/1931316/bmkg-bogor-perkirakan-puncak-musim-hujan-terjadi-januari-februari


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *